Pembelajaran Dewata

Just another WordPress.com site

KKL FKIP UNMAS di Yogyakarta

Yogyakarta

Perjalanan study tour kami di Yogyakarta dimulai dari mengunjungi Keraton Yogya, Candi Borobudur, Malioboro, dan Candi Perambanan.

 

Keraton Yogya

            Keraton  Yogyaka merupakan pusat tadari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal raja dan keluarganya semata, Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut. Di tempat ini wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup serta dilestarikan. Kraton Yogyakarta dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755. Di keratin Yogyakarta, kita bisa melihat secara langsung benda – benda kesultanan seperti tandu kerajaan, kereta kencana, singgasana kerajaan dan lain – lain. Di sana kita juga bisa melihat foto atau lukisan raja – raja kesultanan dari sultan hamengkubuwono I sampai sri sultan hamengkubuwono IX beserta beserta para anak dan istrinya.

 

Candi Borobudur

Tempat selanjutnya yang kami kunjungi setelah keraton Yogyakarta adalah kawasan wisata Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia dan juga merupakan candi budha terbesar di Indonesia. Candi Borobudur terletak di  Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu “biara di perbukitan”. Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO. Saat ini Candi Borobudur sedang dalam proses perbaikan karena rusak di beberapa sisi akibat dari erupsi gunung merapi.

 

 

Candi Perambanan

Setelah mengunjungi kawasan candi Borobudur, kami selanjutnya mengunjungi candi lainya, yaitu Candi Perambanan, yaitu merupakan candi hindu terbesar di Indonesia. Candi yang juga sering dikenal sebagai candi Roro Jonggrang ini terletak di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten. Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu.

Single Post Navigation

Tinggalkan komentar